Home > berita > Rapat Kelompok Unsur Perdana Calon Pengurus LPJK DIY

Rapat Kelompok Unsur Perdana Calon Pengurus LPJK DIY

rku perdana lpjkTim Pembina Jasa Konstruksi DIY difasilitasi Tim Pemilihan Pengurus dari Ditjen Bina Konstruksi Kementerian Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat (PUPR) bersama LPJK DIY menggelar Rapat Kelompok Unsur Perdana di Hotel Eastparc Jogja, Kamis (28/7).

Tujuan dilaksanakan RKU perdana adalah menjaring nama-nama dari Kelompok Unsur untuk mengikuti Uji kelayakan dan kepatutan calon pengurus LPJK DIY. RKU Perdana LPJK DIY yang dipimpin Fasilitator dari Kementerian PUPR, TPJK DIY, Bapek LPJK DIY itu dihadiri 4 dr unsur asosiasi perusahaan, 8 unsur asosiasi profesi, 4 unsur pemerintah dan 7 unsur pakar/perguruan tinggi.

RKU Perdana itu,  menerima pendaftaran 20 nama kandidat atau bakal calon anggota Dewan Pengurus LPJK DIY Periode 2016-2020.

Adapun 20 nama itu adalah 4 orang dari asosiasi perusahaan yakni Zainul Arifin, Agus Triyanta, Tri Harjanto dan Muchamad Zaenuri. Kemudian 8 nama dari unsur asosiasi profesi, yakni Turhadi Setya Budi, Dulhadi, Widodo Brotowiyono, Suranto Ramli, Abdul Najib, Sigit Gauri Sangkar, Hasan dan Alexander Anas. Selain itu 4 nama dari unsur pemerintah, yakni Bambang WS, Rusnarida, Agustin Purwandari dan GM Suwartono. Sedangkan 4 nama dari unsur pakar/perguruan tinggi, yakni Ahmad Saifudin Mutaqi, Ali Awaludin, Wiyatiningsih dan Sardi.

Daftar nama ini sudah berada di tangan Sekretariat Pemilihan Pengurus LPJK. Lebih lanjut, berdasarkan Peraturan Menteri (Permen) PUPR Nomor 51/PRT/M/2015 tentang Tata Cara Pemilihan Pengurus, Masa Bakti, Tugas Pokok serta Mekanisme LPJK, ke-20 nama yang mendaftar itu akan mengikuti fit & proper test.

Namun sebelum fit & proper test, terlebih dahulu dilakukan verifikasi kelengkapan persyaratan calon yang mendaftar oleh Sekretariat Tim Pemilihan. “Hanya yang memenuhi persyaratan yang dipanggil mengikuti fit & proper test, di mana nama-nama itu diumumkan 10 Agustus 2016,”.

Setelah itu, lembaga psikologi independen yang ditunjuk Pokja Penilai menggelar fit & proper test, yang meliputi assesmen psikologi dan assesmen substansi. Kemudian berdasarkan hasil fit & proper test itu, Pokja Penilai melalui Sekretariat Pemilihan Pengurus merekomendasikannya ke Menteri PUPR untuk ditetapkan sebagai pengurus LPJK DIY 2016.

Adapun Menteri PUPR menetapkan paling banyak 8 pengurus LPJK DIY, yang masing-masing 2 orang mewakili unsur asosiasi perusahaan, unsur asosiasi profesi, unsur pemerintah dan unsur pakar/perguruan tinggi.

“Selanjutnya ketetapan menteri itu direkomendasikan kepada Gubernur DIY untuk dikukuhkan paling lama Desember 2016,” ujar Tim Sekretariat Pemilihan Pengurus LPJK. [mg]