Home > berita > Sosialisasi SBU, SKA & SKT dalam bentuk Dokumen Elektronik

Sosialisasi SBU, SKA & SKT dalam bentuk Dokumen Elektronik

Dalam menyambut era digitalisasi dan papperles pada tahun 2019 ini, banyak respon positif dari berbagai lapisan masyarakat dan berbagai kalangan untuk ikut mensukseskan program tersebut, tanpa terkecuali pada bidang jasa konstruksi.

Dengan di terbitkannya peraturan menteri PUPR , melalui Surat Edaran nomor 06 tahun 2019 mengenai Sertifikasi dalam bentuk Dokumen Elektronik, tentunya akan memiliki dampak besar dalam berjalannya proses sertifikasi dan registrasi SBU, SKA dan SKTK yang selama ini telah berjalan pada sistem yang lama menuju sistem baru. Surat Edaran ini dimaksudkan untuk memberlakukan Sertifikat BadanUsaha (SBU), Sertifikat Keahlian (SKA) dan Sertifikat Keterampilan Kerja (SKTK) dalam bentuk elektronik pada pelaksanaan pengadaan barang dan jasa, pelayanan perizinan usaha jasa konstruksi serta pelaksanaan penyelenggaraan jasa konstruksi yang bertujuan untuk menjamin tertib administrasi penerbitan dan pemanfaatan SBU, SKA, dan SKTK sebagaimana mestinya, serta mencegah adanya pemalsuan.
LPJK DIY sebagai lembaga yang berwenang melakukan proses registrasi dan sertifikasi SBU, SKA dan SKTK di DIY bekerja sama dengan LPJKN berupaya mensosialisasikan program sertifikasi elektronik khususnya kepada pemegang SBU, SKA dan SKT melalui Asosiasi profesi, Asosiasi Tenaga Kerja, Asesor AKBU, Asesor AKTK serta jajaran yang berkepentingan untuk ikut serta mensukseskan konversi SBU, SKA, SKTK tersebut dari sistem Hard Copy menuju sistem digital.

Sosialisasi SBU, SKA dan SKTK dalam bentuk dokumen elektronik diselenggarakan pada hari Rabu, tanggal 24 April 2019 di Universitas Janabadra yang di hadiri dan di buka oleh Wakil Kepala Dinas PUP-ESDM DIY Ir. Bambang Widyo Satmo MT dihadiri pula oleh TPJK Provinsi, TPJK Kab/Kota Asosiasi Profesi, Asosiasi perusahaan TVV Aosiasi, AKBU, AKTK, Pengurus & Pengarah di lingkungan LPJKPP DIY. Sosialisasi diawali penjelasan dari Surat Edaran Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat nomor 06/SE/M/2019 oleh Budi Prastawa, ST selaku Kasi Jakon Balai Pengembangan Jasa Konstruksi Dinas PUP-ESDM DIY. Kemudian dilanjutkan dengan pemaparan dan simulasi tentang aplikasi SIKI (Sistem Informasi Konstruksi Indonesia) LPJK berbasis webbase yang merupakan aplikasi untuk penerbitan sertifikat berbentuk dokumen elektronik untuk SBU, SKA dan SKTK oleh Pandu Bheta Rizki, ST dari LPJKN. [tn]

materi bisa diunduh di s.id/materisosialisasi240419

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.